IndoVisual | Gunung Bromo, 'Gunung Suci' Jawa Timur, Indonesia

Gunung Bromo, 'Gunung Suci' Jawa Timur, Indonesia

December 06, 2017  •  Leave a Comment

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak diantara 4 kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang, Jawa Timur. Nama Bromo berasal dari bahasa sanskerta, yaitu Brahma (salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu).

Gunung Bromo dipercaya sebagai sebagai gunung suci, setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada dibawah kaki gunung Bromo lalu kemudian dilanjutkan hingga ke puncak gunung. Upacara diadakan tiap malam hingga dini hari setiap bulan purnama.

Asal-usul ritual ini berasal dari legenda pada abad ke-15 dimana ada seorang putri bernama Roro Anteng dan Suaminya Joko Seger. Pasangan ini awalnya tidak memiliki anak, kemudian meminta tolong pada Dewa Gunung. Para Dewa Gunung kemudian memberikan 24 anak, akan tetapi jumlahnya ternyata 25. dalam perjanjian dengan dewa, mereka harus melemparkan anaknya yang ke-25 yang bernama Jaya Kusuma ke dalam gunung berapi sebagai korban.

Kemudian permintaan Dewa pun dilaksanakan. Setelah jaya Kusuma menceburkan diri ke dalam kawah gunung, dia meminta kepada masyarakat Tengger untuk menceburkan hasil ladang ke dalam kawah setiap tanggal 14 bulan kasada yang bertujuan untuk menenangkan para dewa-dewa kuno.

Masyarakat Tengger ada pada saat kerajaan Majapahit menerima banyak serangan dari berbagai daerah, banyak penduduk pribumi yang kebingungan mencari tempat tinggal baru sampai akhirnya mereka terpisah menjadi 2 bagian. Yang satu menuju ke Bali, dan yang lain ke Gunung Bromo. Hingga kini kedua tempat tersebut memiliki persamaan, yaitu sama-sama menganut agama Hindu.

 


Comments

No comments posted.
Loading...