IndoVisual | Keindahan Pura Taman Ayun di Mengwi, Bali, Indonesia

Keindahan Pura Taman Ayun di Mengwi, Bali, Indonesia

February 04, 2018  •  Leave a Comment

Menjelajahi Bali, pulau dewata kebanggaan Indonesia, tidak cukup hanya ke tempat wisatanya saja, kita bisa menyaksikan kemegahan pura dengan pahatan-pahatan seni dari jaman kerajaan. Ya, Pura Taman Ayun merupakan salah satu pura yang terkenal di Bali. Pura ini sendiri adalah pura ibu bagi kerajaan Mengwi.

Areal pura ini luasnya mencapai empat hektar. Terdiri dari 3 bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan- bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Pada bagian pertama, digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian. wisatawan bisa menikmati indahnya susunan "meru" yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali. Sedangkan pada bagian kedua wisatawan akan menjumpai bangunan bernama Bale Pelik yang dihiasi oleh seni ukir relief serta patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah. 

Daya tarik lain yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah peninggalan Kerajaan Mengwi yang berada sekitar 300 m dari pura itu  serta Museum Manusa Yadnya. Dalam museum tersebut wisatawan bisa menyaksikan upacara-upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia mulai dari dalam kandungan sampai meninggal.

Ayo jelajahi dan cintai budaya Indonesia!!


Comments

No comments posted.
Loading...