IndoVisual | Warna Warni Kampung Jodipan

Warna Warni Kampung Jodipan

July 29, 2018  •  Leave a Comment

Anda tentu tahu Kota Malang bukan? Bagaimana kalau Kampung Jodipan? Ada yang menarik nih dari kampung ini, penasaran kan?

Kampung Jodipan, Malang, Jawa Timur, sebuah kampung kumuh yang disulap menjadi objek wisata penuh warna. Kampung yang terletak di bantaran sungai Brantas ini dulunya sangat kumuh, rumah-rumah terlihat kusam dan banyak sampah dimana-mana. Bahkan sempat terancam digusur dan warganya akan direlokasi ke rumah susun.

Perubahan ini bermula dari sejumlah mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang berinisiatif merubah perilaku warga yang membuang sampah ke sungai. Mereka mengecat rumah-rumah tersebut agar tidak terlihat kusam dan agar masyarakat lebih memperhatikan masalah sanitasi.

Pengecatan dilakukan pada bulan Juni 2016, yang melibatkan komunitas mural dan seniman. Sekitar 30 orang dikerahkan untuk mengubah wajah Kampung Jodipan ini, dan ada 107 rumah yang di cat dengan 17 warna ditambah gambar yang dilukis oleh komunitas mural tersebut. Warga pun sangat antusias dan ikut membantu dalam hal mengecat maupun konsumsi.

Meski secara fisik kondisi rumah warga di kampung ini sudah diperbaiki dan temboknya di cat warna warni, pada awalnya masalah sanitasi masih belum dapat teratasi. Banyak rumah yang tidak memiliki toilet dan warga sangat sering membuang sampah sembarangan. Tetapi semenjak wisatawan datang ke kampung ini, warga mulai malu membuang sampah sembarangan dan mulai menggunakan toilet umum secara bergantian. Selain kepedulian sanitasi meningkat, kunjungan wisatawan ke kampung ini juga memberikan dampak terhadap perekonomian warga. Banyak yang mulai berjualan makanan dan minuman serta snack, ada juga yang mengelola parkir kendaraan.

Sekarang Kampung Jodipan menjadi objek wisata yang banyak diminati di Malang. Pengunjung biasanya berfoto ria atau berkeliling untuk sekedar menikmati indahnya warna warni yang ada. Kampung ini mulai dikenal luas sejak banyak orang yang membagikan fotonya di media sosial.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menambahkan Kampung Jodipan sebagai destinasi kunjungan anda saat berlibur ke Malang? Kalau ke sana jangan lupa oleh-olehnya ya!


Comments

No comments posted.
Loading...